Coret-coret sehabis Lulus? - Semburat Sastra

Jumat, 23 Mei 2014

Coret-coret sehabis Lulus?

Kembali kita berjumpaa
Selamat malam sobat semua :D
Ngomong-ngomong, apa kabar nih yang baru dapet pengumuman hasil UN? Ciee yang Lulus :p boleh sih seneng, tapi gak perlu berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik loh ;) (pasti udah tau kan)
By the way nih writer sekitar tiga hari yang lalu (pas banget hari pengumuman kelulusan SMA tuh kalo gak salah) menyaksikan segelintir anak-anak putih abu yang berlarian riang gembira di tengah derasnya hujan yang mengguyur membasahi bumi beserta rumput-rumput yang bergoyang *apalah, sebenernya ujan-ujanannya sih gak masalah, toh mereka juga yang bakal nanggung akibatnya alias flu, masuk angin, dkk. Cuma yang agak amat sedikit masalah itu pakaian mereka yang penuh coretan sungguh mengganggu indera penglihatan dan menimbulkan sebongkah pertanyaan dalam benak. Segitu senengnya ya? ckckck :) Rasanya tanah dan hujan saat itu hanya milik mereka berdua *eh banyakan ding, bukan cuma berdua. Gak cuma boyss, tapi juga girlsss, mereka sama-sama melepas penat dan mengekspresikan kebahagiaan mereka dengan cara kayak gitu (kayaknya). Apa gak ada cara lain?
Kalo kata ibunya writer sih "Itu anak-anak senengnya udah kayak yang dapet apaan aja. Padahal masih ada pengumuman SNMPTN sama ujian masuk PTN lainnya yang bisa bikin mereka nangis darah. Kerjaan di masa depan juga belum jelas." (kalimatnya direnovasi dikit jadi versi writer)

Well, disini writer gak akan menjadi sosok yang pro atau kontra mengenai hal ini. Hanya saja writer ingin sedikit mengulas hal yang menurut writer... (ya gimana writer ajalah pokoknya hahah :p)
Kalo zaman SMA writer dulu *berasa tua deh, orang baru taun kemaren juga*, setiap pengumuman kelulusan itu dikabarkan lewat surat yang bakalan dikirim sama Pak Pos, esensinya sih ya setau writer sih untuk mengantisipasi terjadinya keributan dan kontroversi maksimal *bukan, bukan* maksudnya ya supaya murid-muridnya gak keluyuran gak jelas dan termasuk gak coret-coretin bajunya. Soalnya, yang namanya udah ketemu temen, bareng2 sama temen disaat lagi bahagia gitu, pasti pikirannya pengen seneng-seneng, melepas segala penat dan kejenuhan. Ya kan? Ya dong?
Well.. Sebenernya ada tradisi yang sedikit beda di SMA writer, sama sih "coret-coretan" tapi medianya yang beda. Kalo orang lain biasanya coret-coretin baju putih bersihnya atau baju kumel and the kucelnya, kali ini kita pake media... karya tulis! Yap! Di sekolah writer memang kelas 12 itu punya tugas akhir yakni menyusun sebuah karya tulis.. Dan setelah sidang kartulnya terlewati dan terlahap habis semua pertanyaan dari setiap guru penguji, biasanya kita2 minta tanda tangan dan quotes dari temen2, guru, adik kelas, penjaga sekolah, bibi kantin, atau siapa pun buat nulis di bagian halaman tertentu di buku kartul kita sebagai sebuah kenang-kenangan yang siapa tau di masa depan nanti masih bisa dibaca. Kan sweet tuh :'') Ketimbang nyoret di baju yang gak mungkin bisa kita pajang terus di lemari atau di-pigura-in gitu :')

Back to topic. Menurut info yang pernah writer baca, MUI bahkan mengeluarkan statement mengenai haramnya coret-coretan baju saat kelulusan loh (Sumber: Media Indonesia). Hem :o
Bukan mempermasalahkan tentang statementnya, tapi coba kita pikirkan maknanya.
Contoh Pertama
Nyoretin baju buat apaan sih? | Ya buat kenang-kenangan lah bro! Dan bukti kalo kita udah lulus \:D/ | Bukti? Bukannya buktinya nanti dikasih ijazah ya? *mikirkeras*
Beberapa taun kemudian..
Baju -yang dibilang kenangan tadi- telah terbuang entah kemana.. Atau ngga, sudah bersemayam di gudang dan menyatu bersama tumpukan baju yang gak layak pakai.. *pensive*
Contoh Kedua
Lo gak mau nyoret-nyoret baju lo? Gak asik bang bro!| Gak ah, taun depan harga bbm kayaknya makin naik :) | .... *mikirgila*
Beberapa taun kemudian..
BBM beneran naik, semua harga semakin naik,termasuk harga baju seragam.. Untungnya... baju kakaknya -yang gak dicoret-coret tadi- masih ada dan layak pakai.. Beberapa taun kemudiannya lagi masih bisa disumbangin ke orang-orang yang membutuhkan *sweettear*

*Sebenernya ini postingan apaan sih* hahah silakan simpulkan sendiri. Kalo menurut writer sih buat apa kita melakukan hal yang sia-sia kalau misalnya masih banyak hal lain yang lebih bermanfaat untuk kita lakukan. Dan contoh di atas merupakan salah satu hal kecil yang nantinya bisa berujung besar loh. Ingat, hal besar itu selalu berawal dari hal yang kecil :) Gak ada nenek-nenek yang gak ngalamin bayi dulu (kecuali nenek gayung #ngahaa #taudeh). Sebenernya kalau berbicara soal haram, itu maknanya mutlak ya, yang artinya ialah apabila dikerjakan mendapat dosa dan apabila ditinggalkan mendapat pahala. Nah, kalau makna haram dalam statement MUI tadi sih sejujurnya writer juga takut salah mengambil kesimpulan.. Tapi mungkin maksudnya adalah lebih ke nilai negatif yang dicontohkan apabila kita melakukan aksi coret-coret tersebut tidak akan mendatangkan kemaslahatan, yang ada hanyalah kesenangan semata -yang tiada artinya- (ya bagi yang tidak merasakannya, menurutku, bagi yang merasakannya sih ya pasti ngerasa ada artinya).
It's just my opinion, bukan dari segi coret-coretnya sih yang dipermasalahin. Tapi kenapa gak kita permasalahin tentang UN-nya aja? Writer sendiri kurang sreg sama yang namanya UN. Kenapa? Kita bayangkan aja, sekolah 3 taun cuma ditentuin sama 3 atau 4 hari. Ya di sisi lain sih bagus juga untuk mengevaluasi hasil belajar siswa selama di sekolah dan membandingkannya dengan seluruh siswa di Negara ini (supaya terlihat adanya pemerataan atau ngga). Nah tapi di sisi lain, hal ini juga bisa memicu adanya suatu keburukan, seperti misalnya aksi bunuh diri anak yang gak lulus UN, aksi anarkisme dan aroganisme siswa yang lulus UN, tindak kecurangan, kebohongan, kebodohan, dkk yang meningkat secara perlahan tapi pasti itu yang membahayakan! Kita semakin dibodohi oleh "nilai", nilai yang ingin dicapai atas bukti sebuah keberhasilan, keberhasilan apa? Kalau di'akari' dengan sebuah kejujuran dan usaha yang baik sih it's okay, but kalo di'akari' dengan sebuah kecurangan? Apa kata dunia? :3
Banyak yang nilainya 90, atau 100 bahkan, tapi coba tanya tentang pengetahuannya. Dijamin....


Jadi, yang salah siapa? UN-nya atau coret-coretnya? Atau tukang fotocopy soal? Pencari jawaban sebelum waktunya? Atau?


Kalo menurut writer sih..
Kalo diibaratkan: UN itu sebabnya, dan aksi corat-coret itu akibatnya. UN duluan atau coret-coret duluan? Ya kurang lebih gitu lah.



Sebenernya diawal tadi udah bilang kalau writer gak mau pro ataupun kotra. Tapi kok malah gini ya eheh :p
Ya, yang jelas Lakukanlah apa yang menurut kamu baik dan ingatlah bahwa apa yang menurut kamu baik itu belum tentu benar, dan apabila kamu masih meragukannya, tanyakanlah kepada yang lebih Tau dan tak pernah ragu :)

Tidak ada komentar:

@way2themes